Saya ANSAR RUSTAM akan berbagi sedikit pengalaman selama menjadi peserta KKN PPM DIKTI UNHAS dalam sebuah cerita singkat yang disertai pengakaun pribadi setelah menjalankan KKN ini selama kurang lebih 45 Hari di Desa Lempang, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru. 

KKN PPM DIKTI UNHAS adalah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Universitas Hasanuddin yang  merupakan implementasi dari salah satu amanah Tri Darma Perguruan Tinggi  yaitu pengabdian pada masyarakat serta implementasi dari ilmu pengetahuan yang didapat selama berada di bangku kuliah. KKN ini hanya di lakukan oleh Mahasiswa Mahasiswi Fakultas Peternakan Unhas yang tentunya akan mengimplementasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah bersama dengan masyarakat yang sudah berpuluh-puluh tahun menggeluti profesinya sebagai Petani-Peternak. Disini kami bekerja bersama-sama dengan masyarakat saling berbagi ilmu baik itu yang kami dapatkan di teori maupun yang di dapatkan masyarakat langsung dari lapangan, Sebagaimana konsep yang di terapkan oleh KKN kami yaitu “Working with Community” yaitu bekerja bersama dengan masyarakat.

Sesuai dengan konsep tersebut kami sharing untuk melihat potensi yang ada di dusun masing-masing kemudian kami buat rumusan masalahnya bersama lalu kami mencari solusi bersama-sama. Saya Angkat sebuah contoh program kerja kami yaitu fermentasi jerami, kami mengangkat program kerja ini karena setelah observasi dilapangan kami melihat banyak tumpukan-tumpukan jerami padi di dusun sikapa, pesse, dan garongkong. Masyarakat juga langsung merespon karena terkadang jerami padi mereka melimpah pada saat selesai panen padi, dan juga belum mereka belum mengetahui hal seperti itu. Maka dari pada tgl 6 desember 2013 kami melakukan fermentasi di rumah ketua kelompok tani kondo-kondoe (Abdul Kadir) dan Alhamdulillah masyarakat sangat bersemangat dalam pelaksanaannya.

Setelah semua program selesai saya sangat bersyukur dengan adanya KKN seperti ini karena betul-betul kita bekerja dengan masyarakat, jadi masyarakat bisa tahu teknologi-teknologi yang dilakukan dalam suatu peternakan begitupun dengan kami banyak ilmu dan manfaat yang bisa kami petik, dan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami sebagai peserta KKN PPM DIKTI UNHAS.

#SEKIAN DAN TERIMA KASIH
MAJU TERUS KKN PPM DIKTI UNHAS !!!

0 comments:

Post a Comment

 
Top